Sabtu, 19 Oktober 2013

KURSUS KEWIRAUSAHAAN BAGI PETANI MUDA, BATU-MALANG

Memang, memang betul....
Petani Indonesia sepertinya sejak dari jaman diciptakannya lagu Nenek Moyangku Orang Pelaut, selalu saja posisinya kurang mengenakkan. Ada yang mengatakan rendah SDM,rendah posisi tawar di jalur pemasaran, kurang mendapat perhatian dari perbankan,dan tentu rendah tingkat strata sosial/ finansial yang rendah dan masih banyak lagi citra citra negatif yang serba memprihatinkan.

Sebetulnya tidak sepenuhnya benar asumsi / anggapan yang demikian, karena buktinya pada acara pelatihan Kewirausahaan Bagi Petani Muda yang diadakan di BPP Batu Malang, banyak peserta pelatihan yang justru menampilkan performance yang jauh dari anggapan seperti diatas.

Dari sisi SDM, ternyata banyak petani Indonesia yang telah berinofasi, baik inofasi dibudidaya pertanian,rekayasa genetika,inovasi dihasil pertanian dan juga kemampuan berinovasi menembus pasar dan menciptakan tren pasar baru.
Tentu saja petani dengan kemampuan yang seperti itu berkat tempaan jatuh bangun dalam usaha, bimbingan dan arahan dari lembaga lembaga yang terkait dibidang pertanian dalam arti luas.

Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pemuda Tani di BPP Batu Malang Jawa Timur dihadiri oleh Petani dan Wanita Tani seluruh Indonesia, Pelatihan ini berfokus pada penguasaan teknologi internet, untuk mengakses  informasi pertanian dan pemasaran hasil pertanian.

Pelatihan ini sangat bagus, sangat dibutuhkan bagi petani petani Indonesia, seandainya pelatihan seperti ini bisa diadakan tiap tahun di seluruh Indonesia, heemmmmm...kita yakin, Indonesia......BISA....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar