Rabu, 28 Maret 2012

TELUR OMEGA 3 DAN OMEGA 6


TELUR OMEGA 3 DAN OMEGA 6
Yang dimaksud dengan telur Omega 3 dan Omega 6 adalah telur yang mempunyai kandungan Omega 3 dan 6 nya lebih tinggi dari telur biasanya. Omega 3 ( asam linolenat) adalah merupakan asam essential yang sangat dibutuhkan tubuh, asam essential ini  tidak bisa dibuat / tidak bisa diproduksi oleh tubuh sendiri, kebutuhannya harus disuplai dari luar tubuh diantaranya melalui makanan.
Manfaat omega 3 bagi tubuh adalah sebagai non insulin dependent diabetes,mengurangi resiko penyakit ginjal,menurunkan tekanan darah,kadar kolesterol LDL, menghambat penyakit jantung,stroke,kanker,rheumatoid arthritis, menurunkan lipid serum, meningkatkan kecerdasan otak anak dan bapak ( mensintesis mielin,sehingga mempercepat rangsangan ke otak), menurunkan depresi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Perbedaan fisik dari telur omega dibanding dengan telur biasa adalah pada telur omega warna kuning telur lebih kemerahan, dan kuning telur lebih kental, apabila dipisahkan dari putih telurnya, kemudian diangkat  maka kuning telur dapat bertahan lebih lama (tidak pecah) karena kuning telurnya memiliki selaput yang lebih tebal.
Manfaat omega 6 (asam linoleat) adalah sebagai penunjang dari omega 3, dimana tanpa omega 6 maka omega 3 tidak bisa bermanfaat sebagaimana yang ddiharapkan bagi tubuh, pertumbuhan otak,juga untuk menjaga kesehatan rambut, kuku dan kulit.

CARA PEMBUATAN TELUR OMEGA
Telur ayam kampung produksi KTT AMPERA, Desa Klareyan, Kecamatan Petarukan dibuat dengan cara memanipulasi pakan  aayam dengan menambahkan suplemen yang mengandung omega 3 dan omega 6, misalnya memberi tambahan minyak ikan Lemuru (sardinella Longiceps) dan minyak nabati (sumber omega 6) pada pakan basalnya. Prosentasi pemberian suplemen ini berkisar antara 5 % dari pakan bassal, prosentase itu cukup untuk dapat meningkatkan kandungan omega 3 dan omega 6 serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam telur.




KANDUNGAN OMEGA 3 DAN 6
Berdasarkan uji laboratorium di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, di hasilkan kandungan sbb:
SUBYEK
KONTROL(telur biasa)
HASIL (telur omega)
KET
KOLESTEROL
63,057%
47,243%

DHA
0,0035%
0,0335%

EPA
3,5015%
4,1215%


TINJAUAN EKONOMI
Pembuatan telur yang mengandung omega 3 dan omega 6 lebih tinggi ini, jika dilihat dari segi/tinjauan ekonomi lebih menguntungkan peternak, karena  dapat meningkatkan harga jual telur, dari telur biasa harga Rp. 1.200,-/butir menjadi Rp. 1.500,- perbutir, sedangkan biaya tambahan untuk pembuatannya sebesar Rp. 50,- / butir.

PELUANG PASAR TELUR OMEGA 3 DAN 6
Semakin meningkatnya taraf hidup / daya beli , pola pikir dan kesadaran kesehatan masyarakat, sebenarnya semakin bagus pula peluang produk produk peternakan yang lebih sehat dan low risk. Benar, perlu dilakukan sosialisasi / pengenalan lebih kepada masyarakat tentang produk peternakan yang bergizi dan rendah resiko bagi kesehatan pengkonsumsinya.

KONSUMEN TELUR OMEGA 3 DAN 6
Konsumsi telur omega 3 dan 6 masih terbatas pada masyarakat tertentu yang mengetahui manfaat telur omega 3 dan 6, juga untuk terapi kesehatan.

Oleh:
KTT Ayam buras AMPERA
Sumber:
berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar